Sabtu, 31 Juli 2010

Ujian Take Home ( Perilaku & Pengembangan Organisasi, Dosen : Drs. Sutisna Hari, MM)

  1. Jelaskan Pengertian Organisasi sebagai sistem, pola tata hubungan antar manusia, dan sebagai proses terstruktur mengacu kepada pengertian tersebut, kemampuan dasar apa saja yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menjadi organisator.
  2. Orang yg kurang mahir berkomunikasi atau kurang ramah akan kurang berhasil dalam berorganisasi. Jelaskan mengapa? Jelaskan pula macam-macam komunikasi antar individu dalam organisasi beserta karakteristiknya.
  3. Objek studi perilaku organisasi adalah unjuk kerja atau kinerja organisasi. Jelaskan dengan contoh-contoh bahwa kinerja organisasi tersebutb merupakan hasil interaksi antara kaidah-kaidah/prinsip-prinsip organisasi dengan sifat-sifat para anggotanya.
  4. Perilaku sosial bagaimana yg perlu dikembangkan untuk menimbulkan kekompakan organisasi ? Apa hubungan kekompakan organisasi dengan produktivitas kerja para anggotanya.
  5. (a) Sebutkan berbagai tolok ukur efektivitas dalam organisasi dan jelaskan. (b) Sebutkan ciri-ciri organisasi yg sehat menurut Taunembaum, dan yang sakit menurut Frederick Hetzberg.
  6. Apakah pengembangan organisasi itu ? Apakah object studi dan tujuan pengembangan organisasi? Dan usaha apa saja yg bisa dilakukan jika yang menjadi kendala adalah unsur SDM nya.

Jawaban harus ditulis tangan (alias ga boleh diketik) dan dikumpulkan pada hari : Sabtu, Tanggal 7 Agustus 2010

Sepertinya soal nomor 5b terbalik deh, antara Taunemboum ama Frederick Hetzberg.

0 komentar:

Posting Komentar